Cara Merawat Burung Cililin Coklat dan Hitam Agar Rajin Berkicau

  • Whatsapp
Cara merawat burung cililin

Setiap burung memiliki karakter dan kebiasaan sendiri, termasuk burung burung cililin.

Dari kalangan kicaumania, dalam hal merawat burung cililin sulit untuk dilakukan, salah satunya burung cililin rawan terkena stres.

Ya, stres mungkin saja dalam hal merawatnya membutuhkan pengetahuan yang mumpuni, sehingga tidak melakukan kesalahan dalam merawatnya yang bisa membuat burung menjadi stres dan mati karena salah rawat.

Burung cililin termasuk jenis burung gagak-gagakan yang memiliki daya tahan tubuh yang luar biasa, akan tetapi burung cililin seperti kebalikannya, yang cenderung memiliki sifat yang suka berdiam diri di tempat teduh dan tidak menyukai tempat yang terik/panas.

Habitat Burung Cililin

Seperti yang telah banyak kicaumania ketahui, untuk jenis burung cililin ada dua jenis, seperti cililin yang memiliki warna bulu hitam dan juga burung cililin yang memiliki warna coklat.

Akan tetapi, setiap jenis burung cililin tersebut memiliki asal usul yang berbeda-beda, termasuk kemampuan berkicaunya.

  • Burung cililin hitam memiliki suara yang keras, namun pendek-pendek, yang asal usulnya berasal dari jawa
  • Untuk burung cililin coklat memiliki suara kristal, ngerol panjang yang asal usulnya berasal dari sumbawa, kalimantan dan sumatra

Cara Merawat Burung Cililin

Burung cililin yang memiliki warna bulu hitam, sering digunakan sebagai burung masteran, sehingga harga cililin coklat lebih mahal di bandingkan dengan burung cililin hitam.

Namun, apapun jenis yang akan dipeliahara, maka berikut adalah tips cara merawatnya.

Hal yang penting dalam hal merawat burung cililin adalah dimana burung tersebut memiliki kesehatan yang baik dari perawatan dan pemberian pakan yang seimbang gizinya.

Sehingga ketika burung aktif setiap harinya, maka ketika ingin di pancing agar bunyi, maka akan mudah dilakukan, karena hanya dengan menepuk tangan atau di pancing dengan keramaian, maka akan membuat burung cililin menjadi mau bunyi.

Adapun, makanan yang sebaiknya di berikan paling tidak mengandung asupan protein sebesar 18 -22 %, dengan asupan gizi lainnya yang mengandung serat kasar, Vitamin, Mineral, Lemak karbohidrat.

  • Agar asupan protein dapat tercukupi oleh burung, maka cukup berikan jangkrik sebanyak 5 sampai 8 ekor setiap harinya dan di tambah pakan dari voer. Namun , memberikan jangkrik jangan berlebihan, karena bisa membuat burung cililin over birahi
  • Setiap pagi burung di mandikan di keramba, sambil burung cililin di mandikan, sangkarnya di bersihkan untuk menghindari kuman dan bakteri bersarang di sarangnya
  • Ketika burung selesai dimandikan, berikan kroto 1 sendok teh
  • Karena burung tidak suka panas yang terlalu terik, maka untuk penjemuran dilakukan sekitar jam 06.30 – 07.30 yang dilakukan selama 30 menit saja
  • Setelah burung dimandikan dan di jemur, maka burung di angin-anginkan untuk membuatnya beristirahat

Dengan melakukan perawataha harian burung cililin seperti memberikan pakan yang cukup, memandikan dan menjemurnya, maka akan membuatnya menjadi rajin berkicau dan aktif bergerak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *