makanan burung kacer

Makanan Burung Kacer Agar Rajin Berkicau di Rumah dan di Arena Lomba

5 views

Setting pakan dengan memberikan pakan dengan jumlah tertentu dalam perawatannya perlu penyesuaian dengan kondisi burung, sehingga apapun kondisi burung tersebut dapat mendapatkan kondisi terbaiknya.

Hal yang kemungkinan terjadi pada burung kacer seperti kondisi mabung, perawatan menjelang lomba, ketika burung macet bunyi, perawatan harian dan ketika burung akan di ternakan dan menghasilkan kualitas telur dan anakan yang baik.

Karena jika dalam hal memberikan pakan yang tidak tepat, ada beberapa hal yang membuat burung menjadi, seperti :

  • Burung kurang birahi, karena kekurangan asupan pakan serangga
  • Burung kelebihan birahi karena pemberian pakan serangga dalam jumlah terlalu banyak
  • Burung mengalami kegemukan karena kurangnya asupan serangga, tapi pakan voer terlalu banyak. Biasanya sering terjadi ketika burung sedang mabung
  • Burung kurang gizi karena pemberian pakannya tidak teratur dan cenderung asal-asalan

Pakan Burung Kacer

Namun, untuk mendapatkan hasil terbaik, bukan hanya pemberian pakan saja, perlu perawatan lainnnya sesuai kondisi burung.

Adapun untuk makanan burung kacer yang bisa di berikan antara lain :

  • Voer
  • Jangkrik
  • Kroto
  • Ulat hongkong
  • Cacing tanah
  1. Pakan Harian Kacer

Agar membuat burung kacer rajin berkicau ketika di rumha, pemberian pakan jangkrik sekitar 3 sampai 5 ekor dan di tambah kroto 1 sendok teh seminggu sekali saja sudah cukup.

Jadi , untuk jumlah pakannya sesuaikan saja dengan kacer peliharaan rekan-rekan, jika jumlah 4 ekor jangkrik saja sudah membuat burung rajin berkicau,maka pertahankan jumlah tersebut setiap harinya.

  1. Pakan Lomba Burung Kacer

Agar burung bisa tampil gacor maksimal dengan mental dan stamina yang baik ketika lomba, maka 1 hari sebelum lomba di usakan burung tidak mengeluarkan banyak aktifitas, termasuk berkicau.

Jadi H- 1 hanya memberikan 2 ekor jangkrik saja pada pagi hingga sore hari, intinya agar burung beristirahat 1 hari.

Setelah itu, pada sore atau malam pada hari H – 1, berikan jangkrik sebanyak 10 ekor, atau bisa memberikan lebih banyak dari itu, misalkan memberikanya hingga 20 ekor.

Memberikan jangkrik pada sore atau malam hari lebih banyak, guna untuk mempersiapkan energy ketika keesokan lomba, sehingga agresif di arena lomba.

Namun, agar burung terhindar over birahi dari pemberian pakan jangkrik yang banyak, maka bisa memandikan kacer pada malam hari. Namun jika tidak over birahi, jangan di mandikan.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

Dan biarkan sangkarnya di krodong secara full pada malam hari, agar burung bisa beristirahat secara full dan keesokan harinya burung fresh dan segar.

  1. Pakan Kacer Mabung

Ketika burung kacer mabung, hal yang di butuhkan oleh burung itu sendiri adalah istirahat dengan total, tanpa aktif bergerak dan tidak berkicau.

Akan burung tidak menjadi aktif ketika sedang mabung, maka cukup berikan 2 sampai 3 ekor saja dan sisanya berikan voer.

  1. Pada saat di Ternak dan Bertelur

Hal penting dalam hal beternak hingga burung bertelur, maka menjaga birahi stabil dapat membantu burung bisa kawin dan menghasilakn telur yang berkualitas.

Jadi, untuk setting pakannya bisa menggunakan pakan harian yang biasa di berikan, jika setiap harinya biasanya di berikan 5 ekor, maka ketika di ternak berikan 5 ekor juga ketika di ternak.

Nah, demikianlah ulasan kali ini untuk setting pakan untuk burung kacer agar membuatnya menjadi rajin gacor dan setting pakan lainnya untuk segala kondisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *