makanan burung lovebird

Makanan Burung Lovebird Agar Rajin Berkicau dan Agar Cepat Bertelur

6 views

Pakan yang berkualitas dan diberikan pada lovebird dengan gizi yang seimbang dapat membantu menjaga kesehatan burung, sehingga burung menjadi aktif dan rajin berkicau.

Bukan hanya tentang menjaga kesehatan burung itu sendiri, pemberian pakan perlu menyesuaikan dengan kondisi burung, seperti ketika burung mabung, over birahi, pakan harian agar rajin berkicau dan lain sebagainya.

Namun, dalam hal memberikan pakan tidak semua mengetahui settingan yang tepat, dan setiap burung terkadang memiliki settingan sendiri untuk jumlah pakan yang diberikan.

Namun, jika dalam hal memberikan pakan tersebut cenderung asal-asalan, maka hasilanya tidak akan maksimal.

Pakan Burung Lovebird

selain pakan memiliki pengaruh yang besar untuk membuat burung menjadi rajin berkicau, ada beberapa hal lainnya yang perlu dilakukan yaitu perawatan harian yang dilakukan secara rutin.

Pakan yang biasa dikonsumsi lovebird :

  • Milet merah dan putih
  • Jagung muda
  • Canary seed
  • Kwaci
  • Kangkung
  • Tauge
  1. Pakan Harian

Agar burung lovebird terpenuhi kebutuhan gizinya setiap hari dan asupan perminggunya, maka agar burung selalu memiliki stamina yang baik, maka untuk membuatnya rajin berkicau, maka rekan-rekan bisa meracik pakan yang telah di ssmpaikan di atas.

Namun, jika yang tidak mau ribet untuk meracik sendiri makanan apa saja, maka bisa membeli pakan lovebird yang sudah diracik yang bisa di beli di kios burung, dan biasanya pakan tersebut terdiri dari milet merah dan putih, kwaci, dan cacanry seed.

Sedangkan untuk pakan jangung muda dan kangkung diberikan setiap seminggu 2 kali. Karena jika di berikan pakan jagung setiap harinya, di khawatirkan burung menjadi mencret. Begitu juga jika diberikan pakan dari kangkung, bisa membuat burung menjadi over birahi jika di berikan terlalu sering.

  1. Untuk Birahi Lovebird

Birahi lovebird yang stabil memiliki peranan yang baik untuk membuat burung menjadi rajin berkicau dan juga ketika di ternakan.

Karena jika birahi burung kekurangan atau berlebihan maka burung tidak bisa berkicau dengan optimal, begitu juga ketika di ternakan, maka jika berlebih birahinya bisa membuatnya terlalu agresif dan membuatnya menjadi saling menyerang satu sama lain.

Untuk setting pakannya, cukup memberikan pakan harian, jika burung terlihat belum terlalu gacor maka bisa diberikan pakan dari jagung dan kangkung lebih banyak dari sebelumnya, agar meningkat birahinya, dengan memberikan kangkung seminggu 4 kali.

  1. Pakan Bertelur dan di ternakan

Jika birahi burung sudah stabil dengan memberikan pakan kangkung , jagung muda manis 4 kali dalam seminggu dengan jumlah yang cukup dan juga pakan campuran dari biji-bijian harian.

Namun, ketika burung sudah bertelur dan mulai mengeram, maka untuk pemberian pakan dari jagung dan kangkung di stop terlebih dahulu, agar burung tidak birahi, karena jika jantan birahi, bisa membuat jantan menggoda betina karena minta kawin dan mengganggu betina ketika mengeram.

Cukup berikan pakan dari biji-bijian saja, seperti pakan harian yang biasa di berikan.

  1. Pakan Lovebird Anakan

Untuk pakan lolohan, sebenarnya jika burung tersebut di loloh sama indukannya, tetap menyediakan pakan biji-bijian dengan lengkap, atau bisa memasukan pakan dari tepung roti sebagai alternatif dan berikan juga jagung manis beberapa minggu sekali.

Selain itu, jika ingin meloloh langsung oleh anda, maka rekan-rekan bisa memberikan pakan khusus untuk anakan lovebird yang diberikan menggunakan sendok atau pakai suntikan yang di design khusus untuk meloloh lovebird.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *