Recomendasi Makanan Burung Nuri dan Cara Menjinakannya

  • Whatsapp
makanan burung nuri

Setting makanan burung nuri memiliki peranan yang penting agar burung Nuri tersebut memiliki kondisi terbaiknya setiap hari agar menjadi aktif dan sehat.

Mungkin bagi para pecinta burung yang sudah lama memelihara burung nuri tidak terlalu kesulitan untuk memilih dan memberikan pakan pada burung peliharaannya tersebut, namun bagi seorang pemula masih bingung untuk memberikan pakan apa yang harus di berikan.

Pada penjelasan di bawah ini, selain memberikan infomasi tentang daftar pakan burung nuri, kami juga mengulas tentang cara menjinakan burung nuri, karena mengingat, penjinakan dalam memelihara burung nuri merupakan hal penting untuk di pehatikan, sehingga ketika di rawatnya mendapatkan hasil yang optimal seperti yang di inginkan oleh pemiliknya.

Cara Menjinakan Burung Nuri

 Sebelum mengetahui tentang pakan apa yang akan di berikan pada burung nuri anda, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang cara menjinakannya, terutama bagi anda seorang pemula.

  1. Simpan di Tempat Yang Ramai

Cara menyimpan burung yang nyaman, sebaiknya menyimpannya di tempat yang ramai, agar burung nuri terbiasa dengan lingkungan dimana banyak manusia lalu lalang manusia.

Untuk beberapa minggu, mungkin burung akan menjadi sering lompat dan takut dengan kehadiran manusia, namun hal itu lambat laun akan membuatnya menjadi capek sendiri dan menjadi sering banyak diam ketika di dekati oleh manusia karena sudah terbiasa.

Apapun jenis kandang yang akan di pakai untuk burung nuri yang akan di pelihara, entah itu menggunakan kandang yang besar atau sangkar, maka harus menyimpannya di dekat banyak ramai.

Mungkin, sebagian dari pembaca akan merasa kasian, karena burung sering menabrak-nabrak sangkarnya dan membuat bulu dan tubuh menjadi terluka, namun itu akan terjadi beberapa waktu, toh lambat laun luka dan bulunya yang rusak akan bagus kembali.

Berbeda halnya ketika menyimpan burung yang disimpan di tempat yang sepi, yang ada burung sulit jinak dan susah di rawatnya dalam waktu yang lama.

  1. Mandikan hingga basah kuyup

Mandikan burung nuri setiap harinya agar membuatnya menjadi mudah cepat jinak juga selain dapat menyehatkan tubuhnya, dengan cara menyemprot menggunakan sprei atau alat lainnya.

Namun, tetap memperhatikan juga, jangan sampai airnya masuk ke dalam telinganya, karena telinga burung nuri cukup besar sehingga di khawatirkan telinganya terkena air.

Memandikan nuri, memiliki manfaat untuk proses penjinakan, karena dengan memandikannya akan membuatnya menjadi banyak diam karena kedinginan, meskipun di dekati oleh manusia.

Maka dari itu jika setiap di mandikan, burung di dekati saja oleh anda, agar burung nantinya terbiasa di dekati oleh pemiliknya , dan membangun persepsi bagi burung nuri, bahwa manusia bukan ancaman bagi burung yang harus di takuti.

  1. Berikan pakan dengan tangan

Membangun kedekatan antara pemilik burung dan burung nuri bisa dengan menggunakan cara ini, yakni memberikan pakan kesukaannya.

Mungkin jika burung yang masih belum jinak belum mau memakannya langsung, namun bisa mengakalinya dengan menyodorkan pakan kesukaannya menggunakan lidi.

Makanan Burung Nuri

Sebenarnya untuk memberikan pakan burung nuri cukup mudah saja, karena burung ini memiliki makanan kesukaan yang cukup banyak, seperti biji-bijian, buah , sayuran dan juga Voer atau pelet.

Antara lain, pakan burung nuri seperti :

  • Biji-bijian, seperti beras merah, jagung, kacang dan biji-bijian lainnya. karena pakan dari jenis ini memiliki manfaat yang baik untuk perkembangan burung, dengan kandungan protein, vitamin dan Zat besi
  • Bubur buatan menjadi salah satu pakan yang bisa di berikan pada burung nuri, terutama untuk burung nuri yang masih anakan. Untuk membuatnya cukup mudah, hanya dengan memblender pakan dari gandum,milet merah, milet putih atau campuran pakan lainnya yang di haluskan dengan cara memblendernya
  • Selain pakan di atas yang bisa di berikan pada burung ini, sayur dan buah-buahan juga harus di berikan pada nuri, karena pakan dari buah dan sayur memiliki peranan yang baik untuk kualitas bulunya menjadi terlihat lebih cerah dan mengkilap. Antara lain makanan burung nuri dari buan dan sayur, seperti wortel, tomat, kacang hijau, apel, kentang , pisang , brokoli, pepaya dan lain sebagainya, dengan cara memberikannya memotong kecil dan mencampurkannya, lalu di simpan di tempat pakannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *